Jakarta, CNN Indonesia —
Untuk kedua kali, Pertamina akan menjadi sponsor utama dalam perhelatan internasional Pertamina Grand Prix (GP) of Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13- 15 Oktober mendatang.
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan bahwa kehadiran Pertamina di kegiatan ini bukan hanya sebatas sebagai pendorong olahraga otomotif, tetapi juga mendukung geliat perekonomian nasional, termasuk UMKM.
Hal itu terbukti melalui helatan MotoGP di Mandalika pada 2022. Di tengah situasi pandemi, sekitar 102 ribu penonton menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut, dan memberi dampak yang tak sedikit bagi Lombok.
“Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5 persen pada kuartal I tahun 2022, jadi dampaknya luar biasa,” kata Nicke dalam kegiatan Launching Pertamina GP of Indonesia di Senayan City, Jakarta, Sabtu (22/7).
Pada 2022, gelaran olahraga otomotif itu juga memberi sumbangsih terhadap perekonomian nasional senilai transaksi sekitar Rp5 triliun, yang diperoleh dari seluruh ekosistem yang mendukung dan terdampak positif dari acara tersebut.
Sementara dari sisi UMKM, tercipta nilai transaksi hingga Rp800 miliar.
“Tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu mencapai hingga 4.600 orang. Jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besar, penyerapan tenaga kerja juga terjadi,” papar Nicke.
Untuk itu, antusias masyarakat di tahun kedua gelaran Pertamina GP of Indonesia ini diharapkan semakin meningkat. Sehingga dampak terhadap perekonomian, penyerapan tenaga kerja dan UMKM ikut meningkat.
Nicke menegaskan, Pertamina bersama pemerintah daerah dan penyelenggara juga terus berupaya meningkatkan sarana prasarana di lokasi acara, guna menambah kenyamanan bagi penonton yang hadir langsung. Peningkatan itu tak hanya bertujuan meningkatkan perekonomian nasional, tapi juga membawa nama Pertamina dan Indonesia ke kancah dunia.
“Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh masyarakat melalui komunitas motor dan media, bersama-sama ayo kita bangun kesadaran agar kita semua siap menerima para tamu-tamu yang akan menonton MotoGP di Mandalika agar semua penonton lebih nyaman,” ujar Nicke.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan menambahkan, Pertamina GP of Indonesia menjadi salah satu upaya Pertamina untuk ambil bagian dalam berbagai kegiatan, baik dalam konteks nasional maupun internasional.
“Tujuannya adalah supaya kita menjadi tuan rumah di negara kita sendiri,” kata Riva.
Dalam kesempatan ini, lanjut Riva, Pertamina mengajak seluruh automotive enthusiast untuk terlibat memeriahkan dan menyaksikan secara langsung balapan yang menampilkan para pembalap dunia itu.
Pada kegiatan tersebut, Pertamina juga menampilkan The Ultimate Box yang mengusung konsep Pit Garage dari pembalap MotoGP, berisikan simulator balap MotoGP yang didatangkan langsung dari Italia.
Untuk mempromosikan ajang Pertamina GP of Indonesia 2023, The Ultimate Box akan melakukan roadshow ke Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Batam, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bali, dan Lombok.
Sementara, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa dukungan di ajang balap motor internasional ini sebagai bukti komitmen Pertamina dalam mendorong event olahraga berkelas internasional yang diadakan di Indonesia.
“Pertamina sebagai perusahaan energi berkomitmen untuk tidak hanya memberikan energi dalam bentuk migas, tapi juga energi untuk elemen kehidupan masyarakat lainnya. Dalam hal ini, energi untuk event olahraga kelas dunia di dalam negeri,” kata Fadjar.
(rea)
Artikel berasal dari berbagai sumber yang telah dipublikasikan sebelum tanggal artikel ini dibuat, keakuratan informasi perlu untuk di validasi kembali. Segala bentuk kekeliruan dan kesalahan yang terjadi adalah tidak dimaksudkan untuk tujuan apapun. Moneyetalks.com menerima saran, koreksi, ide dan kritik dari pembaca. Semua saran, koreksi, ide dan kritik yang diterima akan kami pertimbangkan untuk kemajuan Moneyetalks.com Hubungi kami disini.
Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno...
Jakarta, CNN Indonesia — Transmart Full Day Sale spesial Merdeka Belanja...
Jakarta, CNN Indonesia — Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot...
Jakarta, CNN Indonesia — Ayah dan Bunda yang mau beli mainan anak, belinya di...
Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengatakan uji...
Jakarta, CNN Indonesia — Giordano Indonesia meluncurkan kampanye #OneIndonesia:...
Jakarta, CNN Indonesia — Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen...
Jakarta, CNN Indonesia — Belanja furnitur untuk kebutuhan isi rumah emang paling...
Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menjelaskan...
Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick...