X
Keuangan, Bisnis, Investasi & Many More
Tuesday, 05 December 2023 Keuangan, Bisnis, Investasi & Many More
Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain

Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain

Jakarta, CNN Indonesia

Hingga pertengahan 2023, aplikasi belanja Shopee tetap mempertahankan dominasi di pasar e-commerce Indonesia. Hal ini ditandai dengan pengunjung Shoope lebih banyak dibandingkan pemain e-commerce lainnya.

Demikian berdasarkan data SimilarWeb yang memperlihatkan pada Mei 2023, Shopee dikunjungi oleh 161 juta pengunjung. Sementara Tokopedia dikunjungi 106 juta orang, dan Lazada dengan 70 juta pengunjung.

Kemudian, Data.ai juga mencatat sepanjang 2022, shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor satu di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, dan menjadi platform belanja online nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Setidaknya, ada sejumlah penyebab yang menempatkan Shopee sebagai pemain utama di pasar e-commerce. Salah satunya, manfaat yang didapat penjual atau seller, misalnya pada momentum Ramadan di mana aktivitas belanja online cenderung sangat tinggi.

Mengacu pada paparan hasil survei Ipsos bertajuk ‘Understanding the Potentiality in E-Commerce Seller’, manfaat yang paling dirasakan oleh seller dari bergabung di sebuah marketplace adalah adanya kampanye tematik (66 persen).

Selanjutnya, ragam pilihan layanan pengiriman (57 persen), fitur-fitur interaktif (52 persen), muncul lebih banyak potensi pelanggan (43 persen), dan banyak promo menarik (95 persen) yang diberikan oleh marketplace pada bulan Ramadan.

Dibandingkan platform e-commerce lain, lebih dari setengah responden pada riset yang sama menilai Shopee (67 persen) menempati urutan pertama di benak online seller, diikuti Tokopedia (16 persen), Lazada (6 persen), dan TikTok Shop di bawah 6 persen.

Hal ini didukung indikator lain, yaitu Brand Used Most Often (BUMO), dengan posisi Shopee pada peringkat pertama (80 persen), disusul Tokopedia (10 persen), sementara Lazada dan TikTok Shop mendapat angka 6 persen.

Beberapa aspek pendukung keunggulan itu antara lain bahwa Shopee memimpin pada faktor pertimbangan marketplace yang paling banyak menyediakan promo bagi pelanggan (62 persen). Pengaruh dari hal ini dapat dirasakan langsung, khususnya terkait peningkatan penjualan.

Riset yang sama menunjukkan, Shopee (65 persen) diasosiasikan sebagai marketplace yang memberikan omzet terbesar, berada di atas Tokopedia (16 persen), dan TikTok Shop di angka 9 persen.

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59 persen) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller, diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua, TikTok Shop di angka 8 persen.

Dampak langsung dari aspek di atas dicatat oleh Snapcart, yang pada Maret lalu melalui riset ‘Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023’ menyatakan bahwa Shopee memiliki jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan, yakni 51 persen, diikuti Tokopedia (22 persen), TikTok Shop di angka 11 persen.

Begitu pula pada indikator nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 46 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (26 persen), lalu TikTok Shop (10 persen).

Riset yang sama mengungkapkan faktor pertimbangan responden memilih e-commerce untuk berbelanja selama bulan Ramadan, yakni fitur Gratis Ongkir menempati peringkat utama (71 persen), diikuti oleh Menyediakan Metode Pembayaran COD (37 persen), Program Ramadan yang Menarik (36 persen) dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16 persen).

Kemudian, berdasarkan survey pada awal 2023, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62 persen), memimpin dari Tokopedia (20 persen) dan TikTok Shop (9 persen).

Adapun inovasi fitur affiliate (afiliasi) ternyata banyak digandrungi menjelang Ramadan. Dari program afiliasi yang ditawarkan berbagai platform belanja, Snapcart menemukan lebih dari setengah responden memilih Shopee Affiliate (61 persen) sebagai program afiliasi e-commerce terbaik, dengan Tokopedia Affiliate 20 persen, dan TikTok Affiliate 13 persen.

Live Shopping Shopee, Pengalaman yang Terintegrasi

Ketika live shopping yang menghadirkan interaksi langsung antara penjual dan pembeli menjadi kegemaran baru, Shopee pun serta dengan menyajikan pengalaman belanja yang terintegrasi.

Survei Populix bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja menggunakan fitur live streaming menyimpulkan, 69 persen responden memilih berbelanja di Shopee Live.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live mendapatkan 30% persen suara.

Riset Populix mengungkapkan, serupa dengan berbelanja online biasa, kombinasi penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial, dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas menjadi faktor-faktor pendukung berbelanja melalui live streaming.

Dari riset ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan & kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).

Melengkapi temuan animo tinggi masyarakat menggunakan fitur live shopping, Populix mendapati bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan.

Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, dengan TikTok digunakan 44 persen responden. Di kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi dari TikTok Live (51 persen).

Temuan itu sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai oleh 66 persen responden.

Dengan seluruh fitur unggul dan inovasi yang terus dilakukan baik bagi penjual maupun pembeli, tak mengherankan jika Shopee dapat mempertahankan dominasi di tengah pertumbuhan pemain e-commerce dalam negeri.

(inh)



Post Date: June 28, 2023

Artikel berasal dari berbagai sumber yang telah dipublikasikan sebelum tanggal artikel ini dibuat, keakuratan informasi perlu untuk di validasi kembali. Segala bentuk kekeliruan dan kesalahan yang terjadi adalah tidak dimaksudkan untuk tujuan apapun. Moneyetalks.com menerima saran, koreksi, ide dan kritik dari pembaca. Semua saran, koreksi, ide dan kritik yang diterima akan kami pertimbangkan untuk kemajuan Moneyetalks.com Hubungi kami disini.

Related Posts:

46 views August 11, 2023
Jumlah Kunjungan Turis India ke RI Kalahkan China Semester I 2023

Jumlah Kunjungan Turis India ke RI Kalahkan China Semester I 2023

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno...

32 views August 11, 2023
Daftar Produk Diskon di Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja

Daftar Produk Diskon di Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja

Jakarta, CNN Indonesia — Transmart Full Day Sale spesial Merdeka Belanja...

41 views August 10, 2023
Arsitek Bantah Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain

Arsitek Bantah Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain

Jakarta, CNN Indonesia — Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot...

55 views August 10, 2023
Mainan Anak Diskon Up to 70% di Transmart Full Day Sale Hari Ini

Mainan Anak Diskon Up to 70% di Transmart Full Day Sale Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia — Ayah dan Bunda yang mau beli mainan anak, belinya di...

37 views August 10, 2023
KCIC Tegaskan Uji Coba Praoperasi Kereta Cepat Gratis

KCIC Tegaskan Uji Coba Praoperasi Kereta Cepat Gratis

Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengatakan uji...

34 views August 10, 2023
Gandeng Tragicoo dan Emte, Giordano Luncurkan Kampanye #OneIndonesia

Gandeng Tragicoo dan Emte, Giordano Luncurkan Kampanye #OneIndonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Giordano Indonesia meluncurkan kampanye #OneIndonesia:...

33 views August 10, 2023
Survei BI: Keyakinan Konsumen ke Ekonomi Tetap Kuat

Survei BI: Keyakinan Konsumen ke Ekonomi Tetap Kuat

Jakarta, CNN Indonesia — Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen...

44 views August 10, 2023
Aneka Furnitur Murah Cuma di Pesta Diskon Seharian Transmart

Aneka Furnitur Murah Cuma di Pesta Diskon Seharian Transmart

Jakarta, CNN Indonesia — Belanja furnitur untuk kebutuhan isi rumah emang paling...

48 views August 10, 2023
KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menjelaskan...

38 views August 10, 2023
Erick Thohir Merasa Banyak Utang Budi ke Basuki Hadimuljono

Erick Thohir Merasa Banyak Utang Budi ke Basuki Hadimuljono

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick...